-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Begini Kriteria Calon Pimpinan KPK Selera Komisi III

Elvan Dany Sutrisno - detiknews
 Jakarta - Pansel KPK mulai melakukan seleksi calon pimpinan KPK. Setelah itu dikirim ke Komisi III DPR untuk di-fit and proper test. Seperti apa sosok pimpinan KPK yang diharapkan Komisi III DPR?

"Pimpinan KPK selain harus memiliki pengetahuan luas, pemahaman tentang pemberantasan korupsi, dia harus punya integritas dan keberanian," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman kepada detikcom, Rabu (176/2015).

Selain itu, Benny menekankan calon pimpinan KPK tak boleh punya ambisi politik. Juga harus benar-benar independen dari kepentingan apapun.

"Pimpinan KPK harus orang yang tak punya ambisi pribadi atau ambisi sekelompok orang. Karena itu dia harus independen dari kekuatan politik, kekuatan ekonomi, atau kekuatan sosial apa pun," kata Benny.
Soal sumbernya, tidak dipersoalkan dari mana saja. Yang penting saat jadi pimpinan KPK melepas semua kepentingan dengan pekerjaan sebelumnya.

"Asalnya bisa dari tokoh LSM, lembaga keagamaan, institusi penegak hukum seperti kejaksaan dan kepolisian atau yang lain. Yang penting dia punya integritas dan begitu jadi pimpinan KPK harus membuat garis tegas antara dirinya dengan sumber-sumber dia bekerja sebelumnya," pungkasnya.

(van/nrl)
Labels: Komisi III, Kriteria Capim KPK, Selera Komisi III

Thanks for reading Begini Kriteria Calon Pimpinan KPK Selera Komisi III. Please share...!

0 Komentar untuk "Begini Kriteria Calon Pimpinan KPK Selera Komisi III"

Back To Top