-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Cuaca Mendung, Hilal Juga Belum Terlihat di Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detiknews
 Cuaca Mendung, Hilal Juga Belum Terlihat di Semarang(Foto: Angling Adhitya P/detikcom)

 Semarang - Rukyatul Hillal yang dilakukan di menara Al-Husna Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang sudah selesai dilakukan. Hasilnya hilal masih berada di bawah ufuk -02˚ 09' 36,62".

Persiapan pemantauan di menara setinggi 99 meter itu sudah dilakukan sejak pukul 16.00. Sejumlah pihak dari Kemenag, ahli falaq, tokoh agama, dan santri turut hadir di sana. Dua teleskop diletakkan menghadap ke barat tepat ke arah matahari terbenam.

Tepat pukul 17.31, matahari terbenam dan hasil pemantauan hilal langsung dilaporkan ke Kemenag lewat seperangkat komputer dan modem yang terpasang. Nantinya hasil tersebut digunakan di sidang Isbat di Jakarta.

"Bagaimana hilal terlihat? Tidak? Alhamdulillah, Al-Fatihah," kata Izuhdin selaku ketua ahli Falaq Indonesia kepada pengunjung yang datang, Selasa (16/6/2015).

"Hilal tidak terlihat karena cuaca mendung dan perhitungan di bawah ufuk," imbuhnya.

Hasil pantauan di MAJT, matahari terbenam pukul 17.31 dan ketinggain hilal hakiki -02˚ 09' 36,62". Saat matahari terbenam, awan tebal menutupi. Detail pantauan yaitu deklinasi matahari +23˚ 20' 21.64", sudut waktu matahari 88˚ 11' 56,11", azimuth matahari 293˚ 22' 46.51", deklinasi bulan +18˚ 22' 58,65".

Kasi urusan Agama Islam Kemenag Jawa Tengah, Saifullah mengatakan tahun ini tidak ada yang memulai bulan Ramadhan terlebih dahulu dan akan serentak dimulai hari Kamis (18/6) mendatang.

"Insyaallah nanti lebarannya bareng semua. Alhamdulillah," tegasnya.

Meski demikian Saifullah mengimbau agar tidak bingung ketika nanti di televisi ada pengumuman di Mekah sudah mulai Sholat Tarawih. Hal itu karena kemungkinan empat jam dari sekarang, di Mekkah akan bisa terlihat hilal.

"Kemungkinan empat  jam yang akan datang rukyah di Mekah kemungkian terlihat hilal, di Mekah Tarawih nanti malam, jangn sampai bingung," pungkasnya.

Usai mengumumkan hasil pemantauan di menara Al-Husna, pihak panitia membagi-bagikan poster jadwal Imsakiyah kepada para pengunjung.
(alg/try)
Labels: Hilal Juga Belum Terlihat di Semarang, Semarang

Thanks for reading Cuaca Mendung, Hilal Juga Belum Terlihat di Semarang. Please share...!

0 Komentar untuk "Cuaca Mendung, Hilal Juga Belum Terlihat di Semarang"

Back To Top