-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Pakar Astronomi Kemenag: Hari Ini Mustahil Terlihat Hilal

Aditya Fajar - detiknews

 Jakarta - Kementerian Agama memulai sidang isbat dengan melakukan pemaparan dari sisi astronomi. Ahli astronomi Kementerian Agama (Kemenag) berkesimpulan hari ini mustahil terlihat hilal.

"Peta ketampakan hilal, hampir seluruh wilayah di dunia hari ini mustahil nampak hilal," ujar Pakar Astronomi Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (16/6/2015).

Dalam pemaparannya, penampakan hilal baik secara global maupun Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura berdasarkan ketinggian masih dalam kategori negatif.

"Kesimpulannya karena posisi bulan sangat eksrim, miring dan berada di sisi Selatan bumi jadi, dapat disimpulkan tidak ada referensi apapaun bahwa hilal Ramadan tanggal 16 juni dapat teramati. Seandainya terlihat, itu bukan Muhak (sisi bulan tertutup awan)," terangnya.
Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan sidang isbat selanjutnya akan membahas penetapan 1 Ramadan dalam perhitungan hisab. Dalam sidang tersebut nantinya akan mendengarkan keterangan dari pelaku rukyat yang telah ditempatkan di sejumlah titik.

"Dari situ peserta sidang isbat akan menyampaikan pandangannya setelah mendengarkan pemaparan," kata Lukman.


(fiq/try)
Labels: Hilal, Pakar Astronomi Kemenag

Thanks for reading Pakar Astronomi Kemenag: Hari Ini Mustahil Terlihat Hilal. Please share...!

0 Komentar untuk "Pakar Astronomi Kemenag: Hari Ini Mustahil Terlihat Hilal"

Back To Top