-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Di Depan DPR, Menteri Susi Belum Mau Keluarkan Izin Baru Kapal Ikan

Muhammad Idris - detikfinance
Di Depan DPR, Menteri Susi Belum Mau Keluarkan Izin Baru Kapal Ikan
Jakarta -Sampai saat ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan masih belum mau mengeluarkan izin baru penangkapan ikan untuk kapal ikan eks asing. Kebijakan moratorium izin ini dilakukan hingga September 2015.

Dalam rapat dengan Komisi IV DPR, Susi mengatakan, dirinya mempunyai tekad memastikan program penegakan kedaulatan ekonomi di sektor kelautan dan perikanan akan terjadi. Dia juga ingin memastikan nelayan dan semua pelaku budidaya ikan untung dari bisnis yang dilakukan.

"Keberlanjutan mengawal visi misi presiden, dan pemerintah Indonesia untuk menjadikan laut sebagai sumber daya masa depan. Kemudian, kita harapkan dengan kesejahteraan kedaulatan bisa tercapai," kata Susi dalam rapat yang dilakukan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Target Susi untuk 2015-2019 adalah memastikan sektor perikanan menjadi industri yang maju. Saat ini, produksi sektor perikanan Indonesia mencapai 26,04 juta ton per tahun, sementara garam rakyat mencapai 3,6 juta ton.

"Nilai ekspor perikanan saat ini sudah US$ 6,2 miliar per tahun. Sementara ekspor produk hasil perikanan US$ 5,9 juta," jelas Susi.

Dia mengatakan, moratorium kapal yang dilakukan tidak mengganggu produktivitas sektor tersebut. Bahkan, ujar Susi, perikanan jadi satu-satunya sektor yang mengerek pertumbuhan ekonomi 8,6% di kuartal I-2015.

"Sebuah anomali bahwa di atas pertumbuhan yang 8,6% tadi hasil dari policy untuk moratorium untuk kapal eks asing," ungkap Susi.

Tim Satgas Anti Illegal Fishing yang dibentuk Susi, saat ini sudah mengevaluasi 1.300 kapal eks asing. Kapal-kapal tersebut kabur karena ancaman penenggelaman, dan saat ini jumlahnya tinggal 600 kapal.

"Sampai hari ini belum ada evaluasi kita yang mengizinkan kapal-kapal eks asing itu lolos. Memoratorium masih kita tetap lanjutkan dan akan lanjut sampai September tahun ini," kata Susi.

"Kami tetap mengacu pada sustainability penangkapan ikan kita, maka beberapa hal kita harus enforce pastikan alat-alat tangkap bisa ramah lingkungan, terutama trawl-trawl besar yang dipakai oleh kapal-kapal eks asing itu tidak bisa dioperasikan kembali," imbuh Susi.(dnl/hen)
Labels: Di Depan DPR, Izin Baru Kapal Ikan, Menteri Susi

Thanks for reading Di Depan DPR, Menteri Susi Belum Mau Keluarkan Izin Baru Kapal Ikan. Please share...!

0 Komentar untuk "Di Depan DPR, Menteri Susi Belum Mau Keluarkan Izin Baru Kapal Ikan"

Back To Top