-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Hillary Paling Populer, Ini 4 Capres AS dari Partai Demokrat

Novi Christiastuti - internasional-utama
Hillary Paling Populer, Ini 4 Capres AS dari Partai DemokratHillary Clinton (Reuters)

Washington - Jika dari Partai Republik ada 12 kandidat, dari Partai Demokrat baru ada empat kandidat yang resmi mencalonkan diri dalam pemilu presiden Amerika Serikat tahun 2016. Dari empat kandidat itu, Hillary Clinton menjadi yang terpopuler.

Hillary yang pernah menjadi Ibu Negara AS ini, mengumumkan pencalonan dirinya pada April lalu, paling awal dari kandidat lainnya. Keputusan Hillary mencalonkan diri ini mengkonfirmasi spekulasi yang beredar sejak lama di kalangan publik AS.

Dalam pencapresan kali ini, Hillary akan bersaing dengan beberapa Senator dan Gubernur yang masih aktif maupun sudah pensiun dari kalangan Demokrat. Memang jumlah calonnya tidak sebanyak Republik yang mencapai 12 orang, namun calon dari Demokrat juga memiliki keunggulan.

Para kandidat Demokrat ini akan menjalani serangkaian tahap, termasuk mengikuti debat. Dari tahap-tahap itu, akan terpilih satu kandidat yang secara resmi akan diusung Partai Demokrat untuk melawan Partai Republik dalam pemilu tahun 2016 mendatang.

Capres tersebut akan dipilih pada Konvensi Nasional Demokrat yang digelar pada Juli 2016 mendatang. Berikut daftar kandidat Partai Demokrat yang telah resmi maju, seperti dilansir Reuters, Rabu (17/6/2016):

1. Hillary Clinton

Nama Hillary Clinton (67) tidak asing di telinga masyarakat AS. Hillary pernah menjabat Menteri Luar Negeri AS, kemudian juga Senator AS serta Ibu Negara AS. Dia juga pernah mencalonkan diri dalam pemilu 2008 namun kalah dari Barack Obama, yang kemudian terpilih menjadi Presiden AS.

Dalam bursa pencalonan kali ini, Hillary disebut-sebut sebagai 'front-runner' karena mendominasi sejumlah polling. Dalam kampanyenya, istri mantan Presiden Bill Clinton itu fokus pada isu pembayaran upah yang sama bagi kaum wanita dan juga memajukan masyarakat kelas menengah.

2. Bernie Sanders

Nama Bernie Sanders (73) memang tidak sepopuler Hillary Clinton. Sanders lebih dikenal sebagai senator independen AS. Dia menyebut dirinya sebagai sosialis dan banyak menyerukan penutupan bank-bank besar serta pengurangan pengaruh konglomerasi AS dan dunia bisnis dalam pemilu AS.

3. Martin O'Malley

Martin O'Malley (52) pernah menjabat sebagai Gubernur Maryland. Dia memposisikan diri sebagai alternatif yang lebih liberal dan lebih muda dari Hillary Clinton. Dalam kampanyenya, O'Malley banyak mengkritik Wall Street dan membahas soal ketimpangan sosial.

4. Lincoln Chafee

Lincoln Chafee (62) baru bergabung dengan Partai Demokrat pada tahun 2013. Sebelumnya dia menjadi Senat AS untuk Partai Republik. Namun ketika ikut pencalonan Gubernur Rhode Island, dia maju sebagai kandidat independen. Hingga kini, Chafee masih menjabat Gubernur Rhode Island.

Dalam kampanyenya, Chafee sering menyerukan agar AS melepaskan diri dari perang di negara lain yang menghabiskan banyak anggaran. Chafee juga kerap menyerukan agar pendidikan, infrastruktur dan pelayanan kesehatan menjadi prioritas pemerintah AS. 
(nvc/ita)
Labels: 4 Capres AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton

Thanks for reading Hillary Paling Populer, Ini 4 Capres AS dari Partai Demokrat. Please share...!

0 Komentar untuk "Hillary Paling Populer, Ini 4 Capres AS dari Partai Demokrat"

Back To Top