-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Pemerintah Tiongkok Larang Muslim di Xinjiang Berpuasa

Fajar Nugraha Muslim Uighur di Tiongkok (Foto: AFP)
Muslim Uighur di Tiongkok (Foto: AFP)
Metrotvnews.com, Xinjiang: Pemerintah Tiongkok melarang anggota partai Muslim, pejabat pemerintah, siswa dan guru melakukan puasa di Bulan Ramadan. 
 
 
"Tiongkok makin memperketat larangannya dan melakukan pengawasan ketat menjelang Ramadan. Nasib dari warga Uighur saat ini benar-benar dipolitisasi dan pengawasan ketat terhadap mereka bisa mempertajam perlawanan," ujar Raxi, seperti dikutip Reuters, Rabu (17/6/2015).
 
Raxit menambahkan, Pemerintah Tiongkok terus menekan orangtua dari para siswa, untuk jamin anak-anak mereka tidak melakukan puasa di Ramadan.
 
Berdasarkan keterangan dari halaman resmi Pemerintah Tiongkok, restoran yang menjajakan makanan halal di wilayah Jinghe, dekat perbatasan Kazakhstan, diminta  oleh petugas pengawas makanan untuk tetap buka saat puasa. 
 
Toko-toko dan restoran milik warga Muslim juga diperintahan untuk menjual rokok serta minuman keras. Bila menolak, maka toko mereka akan ditutup.
 
Setiap Ramadan, Pemerintah Tiongkok terus mengeluarkan aturan ketat terhadap etnis Muslim Uighur di Xinjiang. Pemerintah setempat terus memaksakan aturan baik verbal maupun tertulis dan menjamin warga Uighur tidak akan mengikut aktivitas keagamaan dan pada akhirnya tidak berpuasa saat Ramadan.
 
Pada Desember 2014, Negeri Tirai Bambu melarang penggunaan cadar di hadapan publik di Ibu Kota Xinjiang, Urumqi. Larangan tersebut dimaksudkan untuk mengatasi ancaman ekstremis. Namun kelompok pemerhati HAM melihatnya sebagai upaya Tiongkok untuk menekan kebebasan beragama.

FJR
Labels: Muslim Xinjiang, Tiongkok

Thanks for reading Pemerintah Tiongkok Larang Muslim di Xinjiang Berpuasa. Please share...!

0 Komentar untuk "Pemerintah Tiongkok Larang Muslim di Xinjiang Berpuasa"

Back To Top