-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Contoh Vietnam, Pengusaha: Upah Buruh Naik Tapi Produktivitas Bagus

Lani Pujiastuti - detikfinance
Contoh Vietnam, Pengusaha: Upah Buruh Naik Tapi Produktivitas Bagus
Jakarta -Gejolak perburuhan di Indonesia, seperti demonstrasi buruh, menjadi fokus perhatian kalangan investor asing. Para buruh di Indonesia harusnya bisa bercermin dari buruh di Vietnam.

Direktur Eksekutif Kadin Indonesia, Rahardjo Jamtomo mengatakan, industri di Vietnam tumbuh luar biasa. Bahkan produktivitas buruhnya bisa 3 kali lebih tinggi dari Indonesia, dengan jam kerja yang sama. Artinya, buruh di Vietnam bisa menghasilkan barang lebih banyak ketimbang buruh di Indonesia.

"Usaha furnitur di sana (Vietnam) produktivitas pekerjanya 3 kali lebih tinggi dibanding Indonesia dengan jam kerja yang sama. Kalau upah ya tentu berbeda karena produktivitasnya juga lebih tinggi. Perlu dicontoh, bahwa buruh jangan hanya ingin naik upahnya saja, tapi mereka juga harus kasih kontribusi produktivitas yang bagus," kata Rahardjo, usai acara buka puasa Kadin Indonesia di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (10/7/2015).
Rahardjo meminta adanya kebijakan dari pemerintah soal tingkat upah buruh di Indonesia. Jangan sampai upah buruh terus naik, tapi biaya-biaya produksi, seperti gas dan listrik juga terus naik. Hal ini bakal membuat pengusaha makin berat.

"Gejolak perburuhan memang menimbulkan keprihatinan terutama di kalangan investor asing. Kadin minta supaya pemerintah perhatikan kenaikan harga-harga jangan sampai mengganggu industri," ujar Rahardjo.

"Upah itu kan berkaitan dengan pendapatan perusahaan. Pendapatan perusahaan ditentukan oleh seluruh faktor produksi. Jadi selain menuntut kenaikan upah, buruh atau pekerja pun harus meningkatkan produktivitasnya," ujar Rahardjo.

PHK Industri Sepatu dan Tekstil

 Saat ini, Rahardjo mengatakan, industri sepatu dan tekstil sudah mulai melakukan PHK karyawan. Karena kondisi ekonomi yang melambat membuat permintaan barang di sektor sepatu dan tekstil menurun

"Tingginya PHK tentu membuat kami prihatin. Kalau itu memang tak bisa dihindarkan, pemerintah harus bisa mengambil langkah-langkah yang bisa mengatasi dampak yang ditimbulkan. Industri padat karya seperti sepatu, tekstil yang banyak PHK perlu diberi stimulus insentif. Karena jumlah industri dan pekerjanya cukup banyak," papar Rahardjo.

Kalangan pengusaha meminta pembangunan infrastruktur terus berjalan dengan lancar, sehingga lapangan kerja meningkat cukup banyak.

"Usaha yang saat ini terpaksa PHK karyawan bisa diberi insentif atau stimulus, paling tidak bisa mengurangi kenaikan jumlah PHK," jelasnya.



(dnl/hen)
Labels: Contoh Vietnam, Pengusaha: Upah Buruh Naik, Tapi Produktivitas Bagus

Thanks for reading Contoh Vietnam, Pengusaha: Upah Buruh Naik Tapi Produktivitas Bagus. Please share...!

0 Komentar untuk "Contoh Vietnam, Pengusaha: Upah Buruh Naik Tapi Produktivitas Bagus"

Back To Top