-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Indonesia Serahkan Bantuan 50 Ribu Bibit Pohon ke Timor Leste

Arifin Asydhad - detikNews
Indonesia Serahkan Bantuan 50 Ribu Bibit Pohon ke Timor Leste Foto: Arifin Asydhad
 

Bantuan 50 ribu bibit yang terdiri 20 jenis pohon itu diserahkan secara resmi oleh Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya kepada Pemerintah Timor Leste di kebun pembibitan di Kecamatan Maubara, Kabupaten Liquisa, Timor Leste, Kamis (30/7/2015). Satu buah bibit pohon Mahoni diserahkan secara simbolis kepada Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, yang menangkap Menteri Pertanian dan Perikanan Estanislau da Silva.

Hadir dalam penyerahan bibit pohon ini Pembina Yayasan Budiasi yang juga Danjen Kopassus Mayjen Doni Monardo, Dubes RI untuk Timor Leste Primanto Hendrasmoro, Direktur PBHI Hendardi, anggota DPR Achmad Farial, mantan anggota Komisi I DPR yang kini menjadi pengamat militer Nuning Kertapati, pengamat kepolisian TNI/Polri Aqua Dwipayana, jajaran pemerintah Timor Leste, dan masyarakat Liquisa.

Puluhan ribu bibit pohon ini didatangkan dari Indonesia sejak Februari 2014 lalu oleh Yayasan Budiasi. Yayasan yang didirikan Mayjen Doni Monardo ini memang mengelola kebun pembibitan di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor untuk ditanam di banyak tempat di Indonesia. Bibit-bibit dari Sentul ini juga dikirimkan ke Timor Leste untuk kemudian dikembangbiakkan di Liquisa oleh kementerian pertanian Timor Leste. Pengembangbiakan bibit ini dipantau langsung oleh Yayasan Budiasi.


Kini bibit-bibit itu terus dikembangbiakkan dan dalam waktu satu tahun lebih sudah mencapai 50 ribu bibit. Dari 20 jenis pohon itu, antara lain Mahoni, Cendana, Sengon, dan macam-macam buah-buahan.
Bupati Liquisa Aurendino Afonso Dos Santos dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas bantuan pembibitan pohon selama ini.

"Semoga 50 ribu bibit pohon ini bermanfaat untuk negara kami dan untuk anak cucu kami," kata bupati yang merupakan alumnus Sekolah Tinggi Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor Sumedang ini.
Aurendino mengatakan pembibitan pohon bantuan Indonesia ini sangat penting untuk Timor Leste. Bahkan pada 14 Juli 2015 Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak sudah meninjau areal pembibitan seluas 2,5 hektar ini. Aurendino juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Siti Nurbaya atas kehadiran di Liquisa dalam penyerahan secara resmi bantuan ini dan Mayjen Doni Monardo atas upaya dan inisiatifnya dalam bantuan bibit pohon ini.

Menteri Siti Nurbaya mengatakan bantuan pemerintah Indonesia ini bisa digunakan untuk menghijaukan lahan-lahan kritis di Timor Leste. Dia berharap 50 ribu bibit pohon ini bisa segera didistribusikan ke distrik-distrik untuk segera ditanam dan dirawat.

Siti Nurbaya juga melihat upaya menanam pohon bersama merupakan sarana diplomasi yang baik. "Selain pendidikan dan budaya, sarana diplomasi yang baik adalah menanam pohon. Saya yakin ini akan semakin efektif memperkeuat hubungan kita sebagai saudara dengan prinsip saling menghormati untuk kerjasama kedua negara," kata Siti Nurbaya.
Estanislau da Silva mewakili pemerintah Timor Leste juga juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas bantuan ini. Dia juga berharap agar bantuan 50 ribu bibit pohon ini bisa memperkuat hubungan kerjasama dua negara.

Estanislau berjanji akan segera mengirimkan bibit-bibit pohon ini ke distrik untuk segera ditanam dan dirawat. "Pohon ini bukanlah sampah, sehingga kami akan menanam dan merawatnya agar tumbuh dengan baik," kata Estanislau.
Acara ini diakhiri dengan penanaman pohon di areal pembibitan ini oleh Menteri Siti Nurbaya, Menteri Estanislau da Silva, dan Mayjen Doni Monardo.

(asy/jor)
Labels: Indonesia Serahkan Bantuan 50.000 Ribu Bibit Pohon, Laporan Dari Timor Leste

Thanks for reading Indonesia Serahkan Bantuan 50 Ribu Bibit Pohon ke Timor Leste. Please share...!

0 Komentar untuk "Indonesia Serahkan Bantuan 50 Ribu Bibit Pohon ke Timor Leste"

Back To Top