-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Jenazah Pangeran Saud Al Faisal Dimakamkan

Herianto Batubara - detikNews Jenazah Pangeran Saud Al Faisal DimakamkanFoto: Reuters/Faisal Al Nasser

 Mekkah - Jenazah mantan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Saud Al-Faisal akhirnya dimakamkan Sabtu waktu setempat.

Dilansir AFP, Minggu (12/7/2015), jenazah Saud dimakamkan Sabtu usai disalatkan di kota suci Mekkah. Ia disalatkan di hadapan pejabat setempat yang dipimpin oleh Emir Kuwait, Sheikh Sabah al-Ahmed Jaber al-Sabah.

Saud meninggal dunia di usia 75 tahun di Amerika Serikat. Penyebab kematiannya tidak diketahui. Tapi, dari dalam pemberitaan beberapa tahun terakhir ini, Saud dikabarkan memiliki penyakit Parkinson.

Semasa hidup, Saud menjadi menteri luar negeri selama  empat dekade. Pencapaian ini menjadikannya sebagai menteri terlama di posisinya sebelum digantikan pada akhir April 2015 karena alasan kesehatan.

Dalam karirnya sebagai Menlu Arab Saudi, kiprah politik Saud sudah melewati macam-macam konflik di Timur Tengah. Misalnya terkait serangan Israel ke Lebanon yang terjadi sejak 1970-an dan 1980-an. Kemudian invasi Irak terhadap negara tetangganya, Kuwait yang menjadikannya perang Teluk. Tak ketinggalan invasi militer yang di pimpin AS serta sekutu dalam penyerangan ke Irak pada 2003 lalu.

Pangeran Saud merupakan putra raja ketiga Arab Saudi, Faisal, yang memerintah dari tahun 1964 sampai ia dibunuh pada tahun 1975. Pangeran Saud lahir di Thaif, dekat Mekkah, pada tanggal 2 Januari 1940. Saud Al Faisal pernah menemui eks Presiden AS  George W. Bush di Oval Office pada tahun 2001.


(bar/hri)

Labels: Pangeran Saud Al Faisal, RIP

Thanks for reading Jenazah Pangeran Saud Al Faisal Dimakamkan. Please share...!

0 Komentar untuk "Jenazah Pangeran Saud Al Faisal Dimakamkan"

Back To Top