-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Kepala BIN Undang Panglima TNI, Kapolri, Tokoh Agama Terkait Tolikara

Aditya Fajar Indrawan - detikNews Kepala BIN Undang Panglima TNI, Kapolri, Tokoh Agama Terkait TolikaraFoto: aditya fajar

Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN) Sutiyoso menggelar pertemuan dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, tokoh-tokoh agama, pemuda dan pelajar. Pertemuan ini untuk mendengar pendapat para tokoh agar peristiwa penyerangan di Tolikara, Papua, tidak terulang.

Pertemuan dilakukan di rumah dinas Sutiyoso di Jl Denpasar Raya no 42, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (23/7/2015). Dalam sambutan singkatnya Sutiyoso menyebut pertemuan ini perlu dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya dan unik. Kemajemukan menjadi salah satu keunikan tapi juga bisa menjadi kelemahan dari negara. Untuk itu sebagai cara efektifnya kita perlu mendengar pendapat dari para tokoh agama, pemuda dan para pelajar," ucap Sutiyoso sebelum melakukan pertemuan tertutup.

Menurutnya para tokoh ini berperan penting untuk mencegah terjadi peristiwa yang bersifat SARA dan sensitif seperti yang terjadi di Tolikara pada hari pertama Idul Fitri 17 Juli.

"Karena isu SARA sensitif dan selalu ada pihak ketiga di dalamnya. Dalam pertemuan ini kita menyampaikan pendapat pandangan dan cara efektif mengatasai perbedaan tersebut dari isu SARA," kata pria yang pernah menjadi Pangdam Jaya dan gubernur Jakarta dua periode ini.
Selain tiga tokoh di atas, hadir hadir di acara tersebut tokoh agama Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Ignatius Suharyo, Sekum Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Pdt Gomar Gultom, Ketua Walubi Arief Harsono, Sekjen PBNU Mashudi Suhud, Ketua Parisada Hindu Dharma yang diwakili oleh Yanto Jaya, tokoh Walubi Hartati Moerdaya, Dirjen Bimas Islam dan Kristen Kemenag, Wakil Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin, cendekiawan Azyumardi Azra, komunitas Konghucu yang diwakili oleh Mulyadi. Tokoh pemuda dari Ketum  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Muhammad Rifai Darus, Ketum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Muh Arief Rosyid Hasan, Ketum Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Ni Made Betariani Saraswati. Hingga pukul 10.30 WIB pertemuan masih berlangsung tertutup.

(slh/nrl)
Labels: BIN, Kapolri, Terkait Tolikara, Tokoh Agama, Undang Panglima TNI

Thanks for reading Kepala BIN Undang Panglima TNI, Kapolri, Tokoh Agama Terkait Tolikara. Please share...!

0 Komentar untuk "Kepala BIN Undang Panglima TNI, Kapolri, Tokoh Agama Terkait Tolikara"

Back To Top