-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Setelah Eropa, Pemerintah RI Mau Jual Surat Utang Samurai di Jepang

Maikel Jefriando - detikfinance
Setelah Eropa, Pemerintah RI Mau Jual Surat Utang Samurai di Jepang
Jakarta -Beberapa waktu yang lalu, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjual surat utang negara (SUN) berdenominasi euro, dengan nilai 1,25 miliar euro atau sekitar Rp 18,3 triliun (1 euro = Rp 14.700) untuk menutupi defisit anggaran tahun ini.

Selanjutnya, pemerintah juga akan menjual surat utang Samurai (Samurai Bond) di Jepang. Penerbitan akan dilakukan menjelang akhir kuartal III-2015 atau sekitar September.

"Kami harap Samurai Bond kita eksekusi sebelum berakhir kuartal III-2015," ungkap Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Robert Pakpahan, di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Kamis (30/7/2015)

Penerbitan Samurai Bonds memang sudah rencanakan sekitar April lalu. Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro juga sudah terbang ke Jepang untuk menemui investor, dan melihat peluang yang ada. Hingga kemudian penerbitannya tampak diundur.

Hal ini juga seiring dengan kondisi perekonomian global yang cukup besar pengaruhnya terhadap sikap investor. Seperti yang datang dari krisis bursa di China, dan juga rencana Bank Sentral AS, The Fed, yang akan menaikkan suku bunga.

"Kami harap pasar di Jepang tidak terlalu pengaruh kondisi di China," ujarnya.

Pemerintah akan mencoba 2 jalur yaitu dengan dan tanpa penjaminan Japan Bank for International Cooperation (JBIC). Pemerintah akan melihat reaksi investor dari masing-masing penerbitan sebagai bahan pertimbangan untuk penerbitan Samurai Bond ke depan.

"Makin banyak yang guarantee nanti dikenal investor membeli dan membeli," kata Robert.(mkl/dnl)
Labels: Pemerintah RI Mau Jual Surat Utang Samurai di Jepang, Setelah Eropa

Thanks for reading Setelah Eropa, Pemerintah RI Mau Jual Surat Utang Samurai di Jepang. Please share...!

0 Komentar untuk "Setelah Eropa, Pemerintah RI Mau Jual Surat Utang Samurai di Jepang"

Back To Top