-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Si Bangkrut Yunani Butuh Rp 1.250 Triliun, Ini Syarat dari Uni Eropa

Angga Aliya - detikfinance
Si Bangkrut Yunani Butuh Rp 1.250 Triliun, Ini Syarat dari Uni Eropa Foto: Reuters
Athena -Yunani akhirnya sepakat menerima dana bantuan dari Uni Eropa untuk bisa melunasi utang dan bertahan hidup beberapa tahun ke depan. Dana bantuan siap dikucurkan, tapi ada syaratnya.

Setelah menjalani pertemuan selama 17 jam di Brussels, Belgia, Yunani dan 19 Negara Eropa siap melanjutkan negosiasi syarat-syaratnya. Kanselir Jerman Angela Merkel tidak ingin syarat-syarat yang sebelumnya diubah.

Namun, Presiden Uni Eropa Donald Tusk menyatakan, negosiasi masih bisa dilakukan atas syarat-syarat yang cukup berat tersebut.

Berikut ini syarat yang diberikan Uni Eropa kepada Yunani, berdasarkan dokumen rapat yang didapat CNN, seperti dikutip Senin (13/7/2015).

Mulai tanggal 15 Juli, Yunani harus:
- Mengurangi pengembalian pajak dalam value-added tax (VAT) dan menaikkan pajak demi menggenjot pendapatan
- Mereformasi program pensiun supaya bisa bertahan dengan baik dalam jangka panjang
- Membuat National Statistical Service of Greece atau ELSTAT jadi independen

Setelah itu pada 22 Juli mendatang, Yunani harus:
- Mengadopsi Code of Civil Procedure, dengan cara mamangkas prosedur dan birokrasi di sistem hukum supaya lebih hemat.

- Menjalankan The Bank Recovery and Resolution Directive (BRRD) dengan dukungan dari Komisi Uni Eropa.

- Menjalankan program pensiun baru yang disusun supaya tidak memberatkan anggaran pemerintah.

- Menjalankan perdagangan dengan lebih agresif seusia rekomendasi Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), seperti perdagangan di akhir pekan, kepemilikan di sektor farmasi, susu dan roti, dan lain-lain.

- Di sektor energi, lanjutkan penjualan perusahaan dan operator listrik ADMIE, kecuali ada langkah yang bisa dilakukan supaya perusahaan bisa lebih kompetitif.

- Di sektor buruh, standar kerja dan upah buruh disesuaikan dengan Uni Eropa. Disesuaikan untuk mencapai target dan pertumbuhan tertentu.

- Di sektor finansial mengambil langkah tertentu yang bisa menekan kredit macet dan memperkuat tata kelola bank. Sebisa mungkin menyingkirkan intervensi politik dalam prosesnya.

- Pemerintah akan menjalan program privatisasi dengan tata kelola yang baik. Aset Yunani yang berharga akan ditransfer ke badan pengumpul dana independen yang akan memonetisasi aset melalui privatisasi dan cara lainnya.

Hasil privatisasi aset ini akan menjadi sumber kehidupan baru Yunani dengan target 50 miliar euro. Sebanyak 25 miliar euro akan digunakan untuk rekapitalisasi perbankan setempat.

Sedangkan 25 miliar euro sisanya akan digunakan untuk mengurangi rasio utang dan investasi. Badan pengumpul dana ini akan dibentuk di Yunani, dioperasikan oleh pemerintah Yunani di bawah supervisi Komisi Uni Eropa.

- Dalam rangka merombak dan memperkuat pemerintahan, Yunani harus mengeluarkan proposal atas perubahan ini pada 20 Juli. Perombakan ini diharapkan bisa mengurangi anggaran di kantor pemerintahan setempat.

(ang/dnl)
Labels: Butuh Rp 1.250 T, Ini Syarat dari Uni Eropa, Yunani

Thanks for reading Si Bangkrut Yunani Butuh Rp 1.250 Triliun, Ini Syarat dari Uni Eropa. Please share...!

0 Komentar untuk "Si Bangkrut Yunani Butuh Rp 1.250 Triliun, Ini Syarat dari Uni Eropa"

Back To Top