-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Sukses Rayu AS, Menteri Susi Akan Lobi Uni Eropa Soal Ekspor Ikan

Muhammad Idris - detikfinance
Sukses Rayu AS, Menteri Susi Akan Lobi Uni Eropa Soal Ekspor Ikan
Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sukses membuat Amerika Serikat (AS) membebaskan bea masuk impor produk perikanan asal Indonesia.

Hal ini sejalan adanya pembaharuan dan perpanjangan skema Generalized System of Preference (GSP) oleh ‎Presiden Barack Obama dengan persetujuan Senat Amerika Serikat (AS).

GSP merupakan skema khusus dari negara-negara maju yang menawarkan perlakuan istimewa non-timbal balik seperti tarif rendah, atau nol kepada impor produk yang berasal dari negara-negara berkembang.

AS merupakan pasar tujuan ekspor utama bagi produk perikanan Indonesia. Selama empat tahun terakhir, nilai ekspor produk perikanan Indonesia ke AS terus menunjukan peningkatan, yaitu US$ 1,07 miliar pada tahun 2011, US$ 1,15 miliar pada tahun 2012 atau naik 7%.

Lalu naik lagi 15% menjadi US$ 1,33 miliar di 2013, dan menjadi US$ 1,84 Miliar di 2014 atau naik 38%. Pasca kebijakan baru dari AS, maka ekspor ikan ke AS akan naik diperkirakan sampai 40%.

Selanjutnya, setelah ini Menteri Susi akan mendorong Uni Eropa agar bisa mengurangi bea masuk impor perikanan yang saat ini 15-21%. Selama ini Indonesia dikenakan tarif bea masuk impor cukup tinggi untuk produk perikanan sehingga kalah bersaing dengan negara lain.

"Yang lain kita harapkan Eropa secepatnya, dan saya lihat di luar negeri tren seafood dengan traceability (pengusutan asal barang) itu kan sekarang sudah mulai ketat ya," kata Susi di kantor KKP di Jalan Merdeka Timur, Jumat (31/7/2015)

Ia mengatakan, para negara konsumen ikan di dunia, saat ini memang sudah mulai ketat mencari sumber-sumber ikan yang legal. Indonesia tentunya akan diuntungkan karena sedang gencar memberantas illegal fishing. Selain itu, dampaknya akan banyak investor masuk ke sektor perikanan di Indonesia.

"Tapi memang pengaturan Undang-undang pengolahan mestinya bisa diubah, jadi asing bisa lebih dari 5%. Karena kalau nggak orang nggak mau kan investasi. Kegiatan tangkap (ikan laut) khusus orang Indonesia," katanya.


Susi Pudjiastuti sebelumnya mengatakan, keberhasilan ini merupakan buah diplomasi 'cerewetnya' pada Duta Besar AS untuk Indonesia.

"Saya ini sangat cerewet hal seperti ini. Sampai AS sudah memberikan pembebasan impor tarif untuk produk-produk perikanan Indonesia," kata Susi.
(hen/rrd)
Labels: Menteri Susi Akan Lobi Uni Eropa, Soal Ekspor Ikan, Sukses Rayu AS

Thanks for reading Sukses Rayu AS, Menteri Susi Akan Lobi Uni Eropa Soal Ekspor Ikan. Please share...!

0 Komentar untuk "Sukses Rayu AS, Menteri Susi Akan Lobi Uni Eropa Soal Ekspor Ikan"

Back To Top