-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Pemerintah Diharap Bisa Bantu Atur Regulasi Pendakian Carstensz

Timika - Ekspedisi jurnalis ke Puncak Carstensz di Papua rencananya akan dihadiri dua menteri, yakni Menko Maritim Indroyono Soesilo dan Menpar Arief Yahya. Dua menteri ini diharapkan bisa memberikan regulasi pendakian gunung tertinggi di Indonesia itu.

"Kami mendatangkan Menko dan Menpar sebagai pemerintah bisa memberikan regulasi yang jelas untuk pendakian ke Carstensz," tutur Ketua Yayasan Somatua sekaligus penanggung jawab Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz, Maximus Tipagau di Kuala Oriental Restaurant, Timika, Minggu (9/8/2015).

Menurut Maximus, hingga kini belum ada regulasi yang jelas mengenai pendakian ke Puncak Carstensz. Titik tertinggi di Indonesia setinggi 4.884 mdpl yang punya salju abadi dan masuk dalam daftar Seven Summits. Puncak Carstensz, bagaikan harta karun di Papua.

"Kalau ada regulasi yang jelas, investasi akan datang, orang akan datang," katanya.

Maximus menambahkan, ada baiknya pendakian ke Puncak Carstensz dari satu pintu. Sebab, hingga kini memang banyak operator tur yang menawarkan pendakian ke sana tapi cukup meribetkan turis. Satu pintu yang dimaksud pun, yakni melalui masyarakat Papua sendiri.

"Papua sudah tanah, kayu dan emasnya diambil. Masa pariwisatanya juga diambil? Kasihlah ke orang Papua, ke masyarakatnya, ke perusahaan lokalnya," papar Maximus.

Baik Menko Maritim Indroyono dan Menpar Arief Yahya, diharapkan bisa memberikan regulasi pendakian yang jelas. Agar tidak simpang siur, termasuk dari soal biaya pendakian.

"Menko dan Menpar adalah menteri pertama yang datang ke kawasan Puncak Carstensz, di Zebra Wall. Rencananya, mereka akan melaksanakan upacara peringatan upacara HUT RI di sana dan ini menjadi sejarah," tutupnya.
Labels: Cartensz, Pemerintah, Travel

Thanks for reading Pemerintah Diharap Bisa Bantu Atur Regulasi Pendakian Carstensz. Please share...!

0 Komentar untuk "Pemerintah Diharap Bisa Bantu Atur Regulasi Pendakian Carstensz"

Back To Top