-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Hari Ini Ribuan Massa Pro dan Kontra BG Demo di Depan Istana

M Iqbal - detikNews


 Hari Ini Ribuan Massa Pro dan Kontra BG Demo di Depan Istana  
Ilustrasi: Aksi Dukung KPK (Rachman/detikFoto) 
 
Jakarta - Di tengah agenda putusan praperadilan Komjen Budi Gunawan yang akan digelar di PN Jakarta Selatan hari ini, ribuan orang akan kembali turun ke jalan menggelar aksi demonstrasi. Namun aksi ini diwarnai oleh dua kelompok masa berbeda, pro dan kontra terhadap pelantikan BG sebagai kapolri.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima, Senin (16/2/2015), aksi massa menolak pelantikan BG digelar oleh koalisi masyarakat yang menyebut diri 'Aksi Satu Padu Lawan Koruptor' atau SAPU KORUPTOR. Mereka akan menggelar aksi di depan Istana negara pukul 13.00 WIB dan halaman KPK pukul 14.30 WIB.

Peserta aksi yang berjumlah sekitar 1000 orang akan membawa sapu lidi sebagai simbol perlawanan. Mereka terdiri dari berbagai masyarakat luas yaitu penggiat anti korupsi, petani, nelayan, buruh, mahasiswa, seniman, tokoh masyarakat, aktivis hukum dan HAM dan lainnya.

Tuntutan mereka ada 4, pertama meminta Presiden Jokowi menghentikan seluruh proses kriminalisasi Komisioner KPK, Staff KPK, dan penggiat Anti Korupsi, membatalkan pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai kapolri.

Ketiga, menolak pencalonan Komjen Budi Waseso sebagai calon kapolri karena dugaan melanggar hukum melakukan penangkapan sewenang-wenang terhadap Komisioner KPK Bambang Widjajanto dan keempat memilih kapolri yang memiliki integritas dan bebas korupsi melalui KPK, PPATK dan Uji Publik.

Koalisi SAPU KORUPTOR ini di antaranya ICW, PSHK, Gusdurian, Kemitraan, YLBHI, LBH Jakarta, INFID, LMND, LBH Padang, LBH Makassar, LBH Bandung, LBH Jayapura, LBH Yogyakarta, LBH Medan, PMKRI, BEM UI, JALA PRT, Change ORG, Dompet Dhuafa, GSBI, KontraS, PUKAT-UGM, LBH Pers, dan lainnya.

Sementara, aksi berlawanan datang dari massa yang menyebut diri Laskar Dewa Ruci Jawa Barat. Mereka mengklaim akan mengerahkan 3 ribu orang ke Istana Negara, hari ini mendesak Presiden Jokowi segera melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri.

 (bal/mpr)
Labels: Demo, Istana

Thanks for reading Hari Ini Ribuan Massa Pro dan Kontra BG Demo di Depan Istana . Please share...!

0 Komentar untuk "Hari Ini Ribuan Massa Pro dan Kontra BG Demo di Depan Istana "

Back To Top