-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Ledakan ITC Depok Diduga Bisa Timbulkan Gas Klorin

, CNN Indonesia
Ledakan ITC Depok Diduga Bisa Timbulkan Gas Klorin Petugas kepolisian mengamankan benda yang diduga bom rakitan di ITC Depok, Margonda, Depok, Jawa Barat (23/2). (CNN Indonesia/Vriana Indriasari)
 
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakapolri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti menyatakan letupan yang terjadi di ITC Depok bisa menimbulkan gas beracun. Gas tersebut jika tak segera ditanggulangi dan bekerja sempurna bisa sangat berbahaya. 

Informasi yang diterima, rangkaian yang diduga bom itu dapat menimbulkan gas klorin. Gas tersebut bisa menyebabkan kematian. Badrodin sendiri tak menampik saat ditanya apakah ada kandungan gas klorin di bom tersebut. "Bisa saja modusnya seperti itu kalau tidak segera ditanggulangi," kata Badrodin di Mabes Polri, Jumat (27/2).

Bom rakitan yang menimbulkan gak klorin diakui Badrodin bukan modus baru. Hal serupa pernah dilakukan pelaku teror meski Badrodin tak menyebut kapan tepatnya. Karena pernah terjadi sebelumnya, petugas menurut Badrodin sudah bisa mengantisipasinya.

"Sudah diantisipasi, kami siapkan tim untuk menjinakkan bom semacam itu," kata calon tunggal Kapolri ini.

Kepolisian sampai saat ini masih belum berani menyimpulkan rangkaian yag ditemukan di TKP adalah sebuah bom. Keterangan resmi Mabes Polri hanya menyatakan rangkaian tersebut meletup kecil dan tidak menimbulkan kerusakan berarti. "Bahkan dus tempat menyimpannya saja tidak rusak," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigadir Jenderal Agus Rianto (24/2).

Tahun lalu, klorin kerap digunakan sebagai senjata kimia dalam konflik di Suriah. Zat klorin ini digunakan pada sebuah serangan di desa Talmanes, Al Tamanah dan Kafr Zita, terakhir pada 28 Agustus lalu. Senjata ini biasanya dijatuhkan dalam bom barrel dari helikopter, biasanya malam hari, melukai ratusan orang dan menewaskan puluhan lainnya.

Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa aksi teror di Depok terkait dengan jaringan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Ketika ditanyai soal ini, Badrodin belum berani menyimpulkan.

"Itu sedang diselidiki. Tunggu hasil penyelidikan kami," ujarnya.

Letupan di ITC Depok terjadi Senin (23/2), sekitar pukul 18.00, WIB dan diduga berasal dari sebuah benda mencurigakan yang terletak di sebuah kamar mandi di lantai dua. Lokasi itu bahkan berada tak jauh dari tempat bermain anak-anak di pusat perbelanjaan.

Menurut salah satu sumber CNN Indonesia yang tak mau disebut namanya, letupan tersebut menghasilkan asap dan sempat membuat anggota tim gegana yang melakukan pengamanan mengalami reaksi gatal-gatal.

Digunakan Sejak Perang Dunia I

Bom Klorin pernah digunakan pada masa Perang Dunia I. Serangan klorin tentara Jerman terhadap pasukan Prancis, Aljazair, Inggris dan Kanada di sekitar Ypres --tempat terjadinya pertempuran paling sengit-- pada April 1915, seakan meramalkan senjata pemusnah massal ini akan menjadi penyebab ketakutan berjangka waktu lama dan seringkali jadi sumber teror yang mengerikan.

Walaupun jumlah kematian akibat senjata kimia dalam Perang Dunia I relatif rendah, total 90 ribu orang, tetap ada ketakutan mendalam akan kematian secara perlahan dan menyiksa akibat kerusakan jaringan kulit yang terbakar oleh gas mustard atau paru-paru yang tenggelam akibat cairan yang membanjir.

Mereka yang selamat akhirnya menjadi buta atau cacat permanen, sementara trauma, ketakutan, fobia akan gas, dan konsekuensi psikis jangka panjang lainnya sulit dikalkulasi.

Jika terhirup, zat ini akan berubah menjadi asam hidroklorik di paru-paru, menyebabkan organ dalam terbakar atau paru-paru basah akibat cairan yang tercipta dari senyawa kimia berbahaya. (sur/sip)



Labels: Depok

Thanks for reading Ledakan ITC Depok Diduga Bisa Timbulkan Gas Klorin . Please share...!

0 Komentar untuk "Ledakan ITC Depok Diduga Bisa Timbulkan Gas Klorin "

Back To Top