-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Ini Program Jokowi Agar Masyarakat Gampang Punya Rumah

Dana Aditiasari - detikfinance
Ini Program Jokowi Agar Masyarakat Gampang Punya Rumah
Jakarta -Program pembangunan 1 juta unit rumah hari ini resmi diluncurkan oleh Presiden Jokowi. Selain program pembangunan fisik, pemerintah juga menyiapkan beberapa kemudahan bagi konsumen yang mau memiliki rumah, khususnya hunian subsidi.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri mengatakan, program 1 juta rumah juga menyasar segmen kalangan buruh yaitu pembangunan 10.000 unit rumah susun sederhana sewa (rusunawa) sebanyak 7.600 unit dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan 2.400 unit rusunawa dari BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program pembangunan Rusunawa untuk pekerja pada tahun ini, yang direncanakan akan dibangun di 6 lokasi sebanyak 24 twin tower. Rinciannya setiap 1 twin tower terdiri dari 100 kamar, sehingga totalnya bisa menampung sebanyak 2.400 pekerja.

Ia mengatakan, berbagai bantuan diberikan oleh pemerintah untuk mendorong pembangunan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah, sebagai berikut:
  • Kebijakan fiskal dalam bentuk pembebasan PPN untuk pembelian rumah bersubsidi, keringanan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah sebesar 25%, dan keringanan PPh badan menjadi 1% untuk pengembang.
  • Bagi PNS diberikan fasilitas berupa Pinjaman lunak uang muka sebesar Rp 20 juta untuk rumah tapak dan Rp 30 juta untuk rumah susun milik.
  • Penurunan suku bunga KPR-Fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan dari 7,25% menjadi 5%.‎
  • Perpanjangan masa kredit dari 15 tahun sampai dengan 20 tahun.
Hanif mengataka,n untuk meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama dengan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional sepakat untuk mengambil langkah-langkah yang dapat memastikan pengadaan rumah bagi PNS yang lebih cepat.

"Insiatif tersebut kami tuangkan dalam Kesepakatan Bersama yang akan kami tandatangani," katanya.
Seperti diketahui, target pembangunan 1 juta rumah 2015 oleh pemerintahan Presiden Jokowi akan menyasar segmen masyarakat paling bawah hingga menengah atas. Rencananya akan dibangun 603.516 unit rumah (60%) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan 396.484 unit rumah (40%) untuk Non MBR atau menegah atas.

Kategori MBR adalah, calon pembeli rumah merupakan pekerja formal berpenghasilan tetap maksimal Rp 7 juta/bulan untuk pembeli rumah susun, dan seseorang dengan penghasilan Rp 4 juta untuk calon pembeli rumah tapak (landed house).

Dari total jumlah MBR, tahap I dibangun sebanyak 331.693 unit, tahap II dibangun 98.020 unit dan tahap III dibangun 173.803 unit.

Selain itu, ada juga kebijakan kemudahan lainnya dari perbankan khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang mau membeli rumah, seperti DP 5% dan uang muka KPR hanya 1%.(hen/rrd)
Labels: Agar Masyarakat Gampang Punya Rumah, Program Jokowi

Thanks for reading Ini Program Jokowi Agar Masyarakat Gampang Punya Rumah. Please share...!

0 Komentar untuk "Ini Program Jokowi Agar Masyarakat Gampang Punya Rumah"

Back To Top