-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

AS Minta Iran Bujuk Syiah Houthi Ikut Perundingan Damai di Yaman

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews

AS Minta Iran Bujuk Syiah Houthi Ikut Perundingan Damai di Yaman 
 Ilustrasi 
 
Washington - Amerika Serikat meminta bantuan Iran untuk membujuk pihak-pihak yang berkonflik di Yaman agar duduk bersama merundingkan solusi politik. Permintaan ini disampaikan dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri kedua negara di Washington, AS.

Iran merupakan sekutu dekat pemberontak Syiah Houthi yang memicu konflik di Yaman. Hingga kini, Houthi masih terlibat pertempuran dengan tentara Yaman, yang didukung serangan udara Arab Saudi dan koalisinya.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (30/4/2015), otoritas AS membenarkan ketika ditanya apakah Menlu AS John Kerry sempat meminta Menlu Iran Mohammad Javas Zarif untuk menggunakan pengaruhnya dalam mempengaruhi semua pihak di Yaman untuk berunding bersama.

"Iya," jawab seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS yang enggan disebut namanya.

Lebih lanjut, pejabat AS ini menyebut, dengan kata lain AS meminta bantuan Iran untuk membujuk Houthi agar mau duduk bersama pemerintah Yaman dan merundingkan solusi bagi konflik mereka.

Sementara itu, sebelum menghadiri pertemuan dengan Menlu Iran, Menlu Kerry mengungkapkan harapannya agar Yaman bersedia ikut dalam perundingan.

"Saya tentu saja mendorong semua pihak untuk berperan aktif dalam upaya mengurangi kekerasan dan mendorong terjadinya perundingan dengan cara yang dapat melindungi kepentingan pihak Yaman," ucapnya.

Serangan udara terbaru Saudi dilaporkan menghantam lima provinsi di Yaman, sementara pertempuran terus berlangsung di wilayah Aden pada Rabu (29/4) waktu setempat.

(nvc/ita)
Labels: AS Minta Iran Bujuk Syiah Houthi, Ikut Perundingan Damai di Yaman

Thanks for reading AS Minta Iran Bujuk Syiah Houthi Ikut Perundingan Damai di Yaman. Please share...!

0 Komentar untuk "AS Minta Iran Bujuk Syiah Houthi Ikut Perundingan Damai di Yaman"

Back To Top