-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Pemberontak Syiah Houthi Gempur Perbatasan Arab Saudi

Pemberontak Syiah Houthi Gempur Perbatasan Arab SaudiRita Uli Hutapea - detikNews


Sanaa, - Para pemberontak Syiah Houthi di Yaman melancarkan serangan ke perbatasan Arab Saudi. Serangan ini mendapat perlawanan sengit dari pasukan Saudi yang memang telah disiagakan. Puluhan militan Houthi tewas dalam pertempuran ini.

Kementerian Pertahanan Saudi mengatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (1/5/2015), tiga tentara Saudi juga tewas dalam baku tembak yang terjadi setelah para pemberontak Houthi menyerang pos-pos observasi mereka.

Ini merupakan serangan besar pertama Houthi ke perbatasan Saudi sejak serangan udara koalisi Saudi terhadap Houthi di Yaman dimulai bulan lalu.

Sementara itu di kota Aden, pertempuran antara Houthi dan pasukan pemerintah Yaman terus berkecamuk dan membuat warga setempat berlarian menyelamatkan diri. Menurut warga Aden, puluhan keluarga telah kabur di tengah pertempuran sengit tersebut.

"Lokasinya seperti bencana, bukan cuma di jalan-jalan tempat pertempuran berlangsung, namun juga di dalam rumah-rumah tempat keluarga terjebak dan ketakutan," ujar aktivis setempat Ahmed al-Awgari.

"Wanita dan anak-anak telah terbakar di rumah-rumah mereka, warga sipil tertembak di jalan atau terkena ledakan akibat tembakan tank," tuturnya.

Saudi memimpin koalisi negara-negara Arab untuk membombardir Houthi sejak 26 Maret lalu, terutama setelah Houthi memaksa Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi mengungsi ke wilayahnya.

Ketegangan semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir, di tengah munculnya laporan soal konvoi 9 kapal Iran di perairan Yaman, yang dicurigai membawa suplai senjata. Militer AS lantas mengirimkan salah satu kapal induknya, USS Theodore Roosevelt dan juga kapal dengan rudal jelajah USS Normandy ke perairan Yaman.

Menurut PBB, lebih dari 1.000 orang tewas dalam konflik di Yaman sejak akhir Maret.

(ita/ita)
Labels: Arab Saudi

Thanks for reading Pemberontak Syiah Houthi Gempur Perbatasan Arab Saudi . Please share...!

0 Komentar untuk "Pemberontak Syiah Houthi Gempur Perbatasan Arab Saudi "

Back To Top