-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Bantu Imigran Rohingya, Singapura Siapkan Dana Rp2,6 Miliar

, CNN Indonesia
Bantu Imigran Rohingya, Singapura Siapkan Dana Rp2,6 Miliar Selain menyiapkan dana bantuan hingga US$200 ribu, Singapura siap mempertimbangkan bantuan lebih lanjut, jika terdapat permintaan khusus dari negara yang membantu pengungsi Rohingya dan Bangladesh. (Reuters/Soe Zeya Tun)
 
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Singapura menyiapkan dana bantuan mencapai US$200 ribu, atau sekitar Rp2,6 miliar untuk mendukung sejumlah negara yang memberikan bantuan bagi pengungsi Rohingya.

Menteri Luar Negeri Singapura K Shanmugam menyatakan bantuan keuangan tersebut merupakan bagian dari inisiatif negara-negara ASEAN. Singapura, sebagai salah satu negara ASEAN, ingin berpartisipasi dalam membantu persoalan eksodus besar-besaran etnis Rohingya dari Myanmar dan warga Bangladesh.

"Singapura peduli dengan situasi ini, dan menyambut baik upaya Indonesia dan Malaysia yang bersedia untuk menyediakan tempat penampungan sementara untuk pengungsi Rohingya," kata Shanmugam, dikutip dari Channel NewsAsia, Minggu (24/5).

Shanmugam menambahkan bahwa Singapura siap mempertimbangkan bantuan lebih lanjut, jika terdapat permintaan khusus dari negara yang membantu pengungsi Rohingya dan Bangladesh.

Shanmugam menyatakan bantuan kepada pengungsi Rohingya dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu memberikan bantuan kepada para pengungsi yang hingga kini masih terkatung-katung di tengah laut di dalam perahu reyot, dan membantu memecahkan akar permasalah mereka.

Untuk itu, lanjut Shanmugam, publik internasional perlu mencermati kondisi di negara asal dan menindak tegas para penyelundup yang menempatkan pengungsi dalam kondisi kehidupan yang mengerikan.

"Ini adalah masalah yang lebih serius, karena puluhan ribu pengungsi dapat menderita," kata Shanmugam. 
Shanmugam menekankan bahwa negara asal para imigran harus bertanggung jawab atas permasalahan ini. Namun, Shanmugam menambahkan bahwa negara-negara ASEAN bersama dengan komunitas internasional perlu mengatasi masalah ini.

Sebelumnya, pemerintah Singapura menyatakan mereka tak dapat menampung para pngungsi dan pencari suaka karena lahan yang terbatas di negara tersebut.

Sejak pekan lalu, tercatat setidaknya 1.700 imigran Rohingya dan Bangladesh yang terdampar di beberapa kabupaten di Aceh.

Karena Indonesia belum meratifikasi Konvensi PBB tahun 1951 soal pengungsi, Kementerian Luar Negeri saat ini masih menunggu hasil verifikasi yang dilakukan badan pengungsian PBB, UNHCR, soal status imigran tersebut.

Jumlah keseluruhan imigran di Indonesia yang saat ini menunggu resettlement atau pemukiman kembali mencapai angka 12 ribu jiwa.

Usai pertemuan tiga negara yang dilangsungkan di Malaysia pada Rabu (20/5), Malaysia dan Indonesia sepakat menawarkan tempat penampungan sementara kepada imigran Myanmar dan Bangladesh yang masih terkatung-katung di lautan lepas yang diperkirakan berjumlah sekitar 7.000 orang. Meskipun demikan, kedua negara juga menegaskan tidak akan menampung lebih banyak lagi imigran.

Sementara, pemerintah Thailand menyatakan tidak akan menampung imigran dan hanya akan menyalurkan bantuan di laut. Meski begitu, Thailand tidak akan mendorong mereka ke luar perairan Thailand seperti sebelumnya. (ama/ama)
Labels: Bantu Imigran Rohingya, Siapkan Dana Rp 2koma6 Miliar, Singapura

Thanks for reading Bantu Imigran Rohingya, Singapura Siapkan Dana Rp2,6 Miliar. Please share...!

0 Komentar untuk "Bantu Imigran Rohingya, Singapura Siapkan Dana Rp2,6 Miliar"

Back To Top