-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Isu Reshuffle, Menhut Siti: Pak Jokowi Pemegang Saham Rakyat

Ferdinan - detikNews

Isu Reshuffle, Menhut Siti: Pak Jokowi Pemegang Saham Rakyat
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menanggapi wajar wacana perombakan (reshuffle) kabinet yang ramai dibicarakan. Bagi Siti, reshuffle wajar dilakukan bila presiden punya penilaian soal performa menteri yang tidak optimal.

"Saya nggak dalam kapasitas ngomong itu, tapi saya merasa kalau saya sih pake teori, kalau presiden itu pemegang saham suara rakyat," kata Siti menanggapi wacana reshuffle saat ditanya wartawan di Kantor Kementerian Desa, PDT, Transmigrasi di Kalibata, Jaksel, Jumat (7/5/2015).

Bagi Menteri Siti, reshuffle bisa dikaitkan dengan teori keagenan dalam sistem ekonomi. Dua pihak, prinsipal-agen yang dikaitkan dengan hubungan presiden-menteri untuk mengatur delegasi tugas yang diharapkan.

"Dalam ekonomi, pemegang saham atau prinsipal kalau dia mau berhasil baik, dia tunjuk agen-agen untuk mencapai sasaran kerja yang dia pikirkan dan cara kerja yang menurut pemikiran dia," ujarnya.

Berdasarkan hal itu, presiden yang diistilahkan Siti sebagai pihak prinsipal bisa melakukan pergantian terhadap agennya yakni menteri yang bekerja tidak memenuhi harapan. "Kalau konsepnya prinsipal-agen. Jadi kalau agenya dianggap tidak sesuai dengan yang dipikirkan prinsipal ya memang harus diganti," sambungnya.

Siti mengaku tak keberatan bila reshuffle dilakukan meski Kabiner Kerja Jokowi-JK belum genap bekerja satu tahun. "Buat saya ngga masalah," tegasnya.

Dorongan reshuffle memang makin kencang disuarakan menyangkut adanya kementerian yang dinilai tidak optimal. Bahkan elite PDIP pada Rabu (6/5) menemui Presiden Jokowi mendiskusikan mengenai adanya sejumlah kementerian yang layak dievaluasi.

Elite PDIP Olly Dondokambey menyebut Kementerian Pekerjaan Umum, Kemenkes dan Kementerian Perdagangan masuk dalam daftar yang dianggap tidak optimal. Tapi Jokowi hingga saat ini belum memberikan sinyal jelas bakal dilakukannya reshuffle.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi selalu 'mengelak' saat ditanya mengenai reshuffle. Justru Wapres Jusuf Kalla yang pernah bicara soal kemungkinan dilakukannya reshuffle dalam waktu dekat.
"Karena banyak perlu peningkatan kinerja tentu dibutuhkan orang-orang yang sesuai dengan kemampuannya," kata JK, Senin (4/5).


(fdn/trq)
Labels: Menhut Siti: Pak Jokowi Pemegang Saham Rakyat, Reshuffle?

Thanks for reading Isu Reshuffle, Menhut Siti: Pak Jokowi Pemegang Saham Rakyat . Please share...!

0 Komentar untuk "Isu Reshuffle, Menhut Siti: Pak Jokowi Pemegang Saham Rakyat "

Back To Top