-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Jokowi Minta Ada 10.000 Hektar Sawah di Pulau Buru

Mega Putra Ratya - detikfinance
Jokowi Minta Ada 10.000 Hektar Sawah di Pulau Buru
Pulau Buru -Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini blusukan ke Pulau Buru, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Jokowi melihat ada potensi sawah yang luas di daerah ini.

"Di sini sebetulnya ada potensi sawah yang sangat besar, data yang saya terima bisa mencapai 10.000 hektar, tetapi yang tergarap baru separuhnya," katanya di lokasi, Kamis (7/5/2015).

"Oleh sebab itu saya sampaikan kepada Pak Mentan (Menteri Pertanian, Amran Sulaiman) agar dalam 2 tahun ke depan 10.000 hektar itu bisa dicapai. Bapak-ibu semuanya, petani harus siap. Siap nggak?"
"Siaaaap!" Seru warga Buru serentak.

Jokowi pun menambah benih jagung sebanyak 1.000 hektar ditambah 20 traktor. Bantuan ini diharapkan bisa meringankan pekerjaan petani.

"Kalau di Jawa bisa 9 ton jagung keluar, kalau padi di Jawa antara 8, 9, 10 ton. Di sini juga bisa, memang perlu sistem pengairan yang baik, cara penanaman juga baik, juga benihnya yang baik," kata Jokowi.
Dengan adanya produksi pangan melimpah, Jokowi berharap Maluku tidak perlu lagi membeli beras dari Jawa. Semua kebutuhan pangan bisa ditutupi oleh produksi Pulau Buru.

 "Saya hanya titip betul kepada masyarakat Pulau Buru agar target tadi saya berikan dalam dua tahun kurang lebih dari 10.000 hektar sawah dikembangkan di Pulau Buru," ujarnya.
Jokowi ingin memantau langsung program ini, sehingga ia meminta kepada masyarakat untuk segera menyampaikan kepadanya jika ada masalah atau hambatan.

"Nanti kalau ada masalah di lapangan sampaikan ke Pak Bupati, nanti biar Pak Bupati sampaikan ke Jakarta. Kekurangan misalnya saluran irigasi, benihnya, pupuknya tapi kalau tidak ada masalah dua tahun lagi akan ketemu lagi. Saya akan ke sini akan saya lihat bahwa memang kita punya masyarakat yang produktif," katanya.

Jokowi menilai tanah di Pulau Buru ini sangat subur, tinggal perlu ditangani secara intensif supaya bisa menghasilkan pangan yang berkualitas.

"Sampai ketemu dua tahun lagi saya melihat di sini hijau semuanya, nanti tolong saya diundang pada saat panen raya. Saat 10.000 hektar panen hijau semuanya, insya Allah saya akan datang, walaupun dari dari Jakarta ke Pulau Buru ini jauh banget loh, 7 jam," katanya.


(ang/rrd)
Labels: 10.000 Ha Sawah di P Buru, Jokowi

Thanks for reading Jokowi Minta Ada 10.000 Hektar Sawah di Pulau Buru. Please share...!

0 Komentar untuk "Jokowi Minta Ada 10.000 Hektar Sawah di Pulau Buru"

Back To Top