-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Mensos: Pengungsi Rohingya Ditampung dan Bangladesh akan Dipulangkan

Agus Setyadi - detikNews

Mensos: Pengungsi Rohingya Ditampung dan Bangladesh akan Dipulangkan  
(Foto: Agus Setyadi/detikcom) 
 
Langsa - Ratusan imigran Bangladesh yang ditampung di Aceh akan segera dipulangkan. Mereka kini hanya menunggu berbagai dokumen agar dapat segera dikembalikan ke negara asal.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, pemerintah saat ini sedang melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk pemulangan imigran Bangladesh. Tiket pemulangan pengungsi ini akan ditanggung oleh International Organization for Migration (IOM).

"Kementerian sedang melakukan koordinasi yang intensif sehingga IOM akan segera mempersiapkan seluruh kebutuhan pemulangan mereka," kata Khofifah saat mengunjungi lokasi penampungan di Kuala Langsa, Langsa, Aceh, Minggu (24/5/2015).

Ratusan imigran Bangladesh saat ini ditampung ditiga lokasi yaitu Aceh Timur, Aceh Utara dan Langsa. Saat diselamatkan oleh nelayan, juga ada imigran Rohingya dalam kapal mereka. Di lokasi penampungan, pengungsi Bangladesh dan Rohingya ditempatkan dalam gedung atau tenda terpisah.

Menurut Khofifah, warga Bangladesh lari dari negaranya karena alasan ekonomi sehingga harus dipulangkan. Sementara pengungsi etnis Rohingya akan ditampung karena alasan kemanusiaan.

"Tiket pemulangan sampai ke Bangladesh akan disiapkan oleh IOM," ungkap Khofifah.
Saat ini, kata Khofifah, Kementerian Hukum dan HAM juga akan melakukan berbagai persiapan untuk pemulangan imigran Bangladesh.

"Yang dibutuhkan sekarang adalah kecepatan dokumen perjalanan dari mereka (Bangladesh). Sedangkan untuk imigran Rohingya kita sedang menunggu Perpres," jelasnya.
(try/try)
Labels: Bangladesh, Mensos, Pengungsi Bangladesh, Pengungsi Rohingya

Thanks for reading Mensos: Pengungsi Rohingya Ditampung dan Bangladesh akan Dipulangkan . Please share...!

1 komentar on Mensos: Pengungsi Rohingya Ditampung dan Bangladesh akan Dipulangkan

  1. Harus cari solusi yg terbaik untuk pengungsi rohingya,
    trus saling membantu dan perhatikan News

    ReplyDelete

Back To Top