-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Monorel Batal, Ahok Mau Bangun LRT Rp 35 T Mengelilingi Jakarta

Ayunda W Savitri - detikfinance
Monorel Batal, Ahok Mau Bangun LRT Rp 35 T Mengelilingi Jakarta
Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) mengirim dokumen terkait rencana pembangunan dan perizinan Light Rail Transit (LRT) ke Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Sebab dalam megaproyek tersebut diusulkan oleh BUMD. Rencana ini muncul setelah rencana membangun monorel batal.

"Kita sudah ngomong ke sana, kita harus siap surat kalau ke beliau. Kan harus ada kajiannya, amdalnya, trasenya, sudah diputuskan. Yang inisiator kan BUMD kami, baru dikirim ke Pak Jonan, Menhub," ujar Ahok di Instalasi Pengambilan Air Baku Banjir Barat, Jl Karet Pasar Baru Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/5/2015).

Ahok menyebut, impiannya kelak LRT melenggang di ibu kota, seperti di kota Chicago, Amerika Serikat (AS). Ada 7 koridor yang rencananya akan dibangun oleh Pemprov DKI.

"Kita sendiri akan bangun 7 koridor. Trasenya bagaimana, pakai jalan. Jadi nggak beda dengan Chicago," sambungnya.

"Kalau dia (Kemenhub) bilang nggak ada bahasa LRT di bahasa makro transportasi. Ini kan sama kayak kereta api, ini berbasis rel cuma ukurannya kecil. Biar beda namanya LRT," kata Ahok.

Sebagai regulator transportasi, Kemenhub akan menguji persyaratan pembangunan kereta LRT. Alasannya adalah, proyek LRT belum masuk rencana induk perkeretaapian Jabodetabek.

Ahok memperkirakan, pembangunan 7 koridor LRT ini akan menghabiskan Rp 35 triliun. Sebagai awalnya, Pemprov DKI akan fokus membangun LRT tujuan Kelapa Gading-Kebon Sirih terlebih dahulu.

Pembangunan satu rute itu diperkirakan mencapai Rp 8 triliun, menggunakan dana dari APBD DKI.(aws/dnl)

Labels: Ahok Mau Bangun LRT Rp 35 T Keliling Jakarta, Jakarta, Monorel Batal

Thanks for reading Monorel Batal, Ahok Mau Bangun LRT Rp 35 T Mengelilingi Jakarta. Please share...!

0 Komentar untuk "Monorel Batal, Ahok Mau Bangun LRT Rp 35 T Mengelilingi Jakarta"

Back To Top