-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Pansel KPK Akan Diisi Psikolog hingga Ahli Hukum

, CNN Indonesia
Pansel KPK Akan Diisi Psikolog hingga Ahli Hukum Pimpinan baru KPK Taufiequrachman Ruki (tengah) menjawab pertanyaan wartawan didampingi pimpinan baru KPK lainya Johan Budi SP (kanan), Indriyanto Seno Adji (kedua kiri), Wakil Ketua KPK Zulkarnen (kedua kanan) dan Adnan Pandu Pradja (kiri) saat konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (20/2). Pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengubah pembagian kerja di internal lembaga penegak hukum tersebut. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
 
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengungkapkan, tim panitia seleksi (pansel) pemilihan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan dibentuk paling lambat awal minggu depan, nantinya akan diisi oleh berbagai kalangan, dari psikolog hingga ahli hukum.

"Komposisinya lengkap. Ada hukum, arahan Presiden (Joko Widodo) begitu. Ada yang dari bidang keuangan dan moneter. Penting, lho. Hukum pun variasi, ada tata negara, ada juga ekonomi, kaitan dengan korupsi. Intinya Presiden semacam itu," ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (20/5).

Menurut Pratikno, psikolog pun perlu dimasukkan ke dalam tim pansel yang bertugas untuk menyeleksi komisioner. "Ini kan mencari orang yang tepat dengan target bahwa mandatnya pemberantasan korupsi harus menjadi sebuah agenda penting ke depan," kata dia.

Ia menegaskan, sinergi antarlembaga penegak hukum juga harus ditingkatkan. "Bukan hanya dilakukan KPK, tetapi juga dilakukan Polri dan kejaksaan," ujar Pratikno.
Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mengaku belum tahu pasti jumlah anggota tim pansel yang akan dibentuk. Yang jelas, ucap dia, jumlahnya akan ganjil. "Ya bisa tujuh, bisa sembilan orang," kata dia.

Pratikno memastikan, orang-orang yang akan dipercaya untuk menjadi anggota tim pansel adalah orang baik yang berusaha mengembangkan sistem pemberantasan korupsi dan menemukan orang yang kompeten dalam menjalankan tugas sebagai komisioner lembaga antirasuah.

Meski Pratikno enggan membeberkan nama-nama calon anggota tim pansel, sebelumnya telah beredar sejumlah nama anggota pansel seperti Margarito Kamis, Romli Atmasasmita, Oegroseno, Tumpak Hatorangan, Saldi Isra, Zainal Arifin Husein, Erry Riyana, Refli Harun, dan Jimly Asshidiqqie. (meg)
Labels: Pansel KPK

Thanks for reading Pansel KPK Akan Diisi Psikolog hingga Ahli Hukum. Please share...!

1 komentar on Pansel KPK Akan Diisi Psikolog hingga Ahli Hukum

  1. "Hi!..
    Greetings everyone, my name Angel of Jakarta. during my
    visiting this website, I found a lot of useful articles, which indeed I was looking earlier. Thanks admin, and everything."
    Aktual

    ReplyDelete

Back To Top