-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Polisi Buru Penyelundup Sadis yang Masukkan 21 Kakatua ke Botol Air Minum

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews

Polisi Buru Penyelundup Sadis yang Masukkan 21 Kakatua ke Botol Air Minum  
(Foto: Imam Wahyudiyanta/detikcom) 
 
Jakarta - Sebanyak 21 burung kakatua diperlakukan semena-mena. Demi menghindari petugas bea cukai, penyelundup memasukkannya ke dalam botol mineral. Akibatnya, 11 di antaranya mati. Siapa pelakunya?

Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengamankan satu orang bernama Mulyono (36) dalam kasus ini. Ia sudah dijadikan tersangka karena membawa burung bayan dan kakatua jambul kuning saat naik KM Tidar dari Tual, Maluku Tenggara ke Surabaya, Senin (4/5) lalu. Tapi pria asal Rembang, Jawa Tengah itu mengaku tak tahu menahu soal 21 burung yang ditemukan di dek 3 kapal tersebut.

"Untuk sementara tersangka (Mulyono) hanya kami proses karena membawa 2 burung. Soal 21 burung lain, kami masih menelusurinya," kata Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKP Aldy Sulaiman kepada detikcom, Rabu (6/5/2015).

Aldy menyebutkan pihaknya bekerja sama dengan Pelni dan KM Tidar untuk mengungkap pemilik satwa langka tersebut. Jika KM Tidar memiliki CCTV, kemungkinan besar pelaku akan diketahui identitasnya.

Selain mencari pelaku, polisi juga memperketat arus keluar masuk pelabuhan. Razia akan sering dilakukan mengingat akhir-akhir ini, banyak penyelundupan satwa.

"Untuk tahun ini, kasus kakatua dimasukkan ke botol merupakan kejadian ketiga. Sebelumnya, ada penyelundupan burung cendrawasih, kakatua, dan kadal. Juga ada penyelundupan kakatua dengan cara dimasukkan ke pipa paralon," paparnya.

Penyelundupan kakatua jambul kuning di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya awal pekan ini menarik perhatian dunia. Media asing seperti Telegraph dan Daily Mail menyebut, yang dilakukan para penyelundup sangat menyedihkan. Sekadar diketahui, kakatua jambul kuning termasuk burung langka,hanya tersisa 7 ribu di dunia pada tahun 2007 silam. Jika terus ditangkap dan diselundupkan, bukan tidak mungkin burung jenis paruh bengkok ini akan punah.

(try/jor)
Labels: Si Jambul Kuning di Botol Mineral

Thanks for reading Polisi Buru Penyelundup Sadis yang Masukkan 21 Kakatua ke Botol Air Minum . Please share...!

0 Komentar untuk "Polisi Buru Penyelundup Sadis yang Masukkan 21 Kakatua ke Botol Air Minum "

Back To Top