-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Kehebatan Tsaqif Membongkar Bibit Korupsi, Tak Takut Ancaman Molotov

Kehebatan Tsaqif Membongkar Bibit Korupsi, Tak Takut Ancaman MolotovBagus Prihantoro Nugroho - detiknews

Jakarta - Ujian Nasional saat ini memang bukan lagi penentu mutlak kelulusan siswa seperti dulu. Tetapi masih ada saja perilaku mencontek yang tanpa sadar ini adalah bibit awal kelakuan koruptif.

Tahun ini ada aksi hebat yang dilakukan oleh para siswa asal SMA 3 Yogyakarta yang membongkar bocoran jawaban UN dan dipakai untuk 'mencontek massal'. Salah satu siswa tersebut adalah Muhammad Tsaqif Wismadi yang dengan sigap melaporkan praktik kecurangan.

"Saya lihat lingkungan sekitar, teman-teman mereka belajar, waktunya jadi sia-sia. Saya pikir, kalau kita tahu tapi diam, dianggapnya tidak terjadi apa-apa,"‎ kata Tsaqif saat berbincang di kompleks SMAN 3 Yogyakarta, Jalan Yos Sudarso, Rabu (22/4/2015).

Awalnya Tsaqif mendapatkan tautan pada grup jejaring sosial SMA-nya pada Minggu (12/4) malam. Curiga dengan tautan tersebut, Tsaqif kemudian mengecek dengan membukanya. Awalnya dia pikir itu hanya soal latihan yang biasa dibagikan oleh kawan-kawannya.

Namun ternyata saat hari pertama UN, Senin (13/4), Tsaqif menyadari soal-soal dari link tersebut sama 100 persen dengan soal UN yang dihadapinya. Sepulang sekolah di hari itu juga, Tsaqif mengirimkan email kepada UGM.

"Tidak tahu (mengapa mengadu ke UGM), saya hanya langsung terpikir ke UGM," kata Tsaqif.

Melaporkan kebocoran UN kepada UGM, ternyata sempat membuat Muhammad Tsaqif Wismadi dihujat banyak orang. Tsaqif juga mendapat banyak ancaman karena aksinya tersebut.

"Banyak. Setelah itu banyak yang ngancam-ngancam, neror. Mereka tanya, 'rumahmu di mana?‎ Sini kumolotov!'. Ada ratusan pesan masuk ke Line," kata Tsaqif.

Atas keberanian dirinya itu KPK pun memberi penghargaan berupa lencana bertuliskan 'Berani Jujur Hebat' kepada Tsaqif dan teman-temannya. Mereka adalah Zar Bela Hanifa, Khalid Umar, Daffa Abhista, dan ketua OSIS Inria Astari Zahra

(bag/van)

Labels: Membongkar Bibit Korupsi

Thanks for reading Kehebatan Tsaqif Membongkar Bibit Korupsi, Tak Takut Ancaman Molotov. Please share...!

0 Komentar untuk "Kehebatan Tsaqif Membongkar Bibit Korupsi, Tak Takut Ancaman Molotov"

Back To Top