-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

'Punya Banyak Ikan, Tapi RI Selalu Terbelakang di Bisnis Perikanan'

Punya Banyak Ikan, Tapi RI Selalu Terbelakang di Bisnis PerikananWiji Nurhayat - detikfinance


Susi mengatakan saat ini bisnis usaha perikanan di Indonesia tidak bisa berbicara banyak bahkan di kawasan Asia Tenggara. Padahal sumber daya ikan yang ada cukup banyak.

"‎Kita‎ itu ingin menjadikan laut kita mempunyai posisi tawar dunia. Dunia bersaing setiap hari. Anda tahu, Indonesia selalu menjadi pemain belakang bisnis perikanan, rugi kita, kan kita cukup banyak," kata Susi di Gedung Mina Bahari I, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Kamis (18/6/2015).
Susi memiliki keinginan bila bisnis perikanan Indonesia harus menjadi lead di kawasan Asia Tenggara. Oleh karena itu, Susi membuat berbagai aturan yang mempersempit praktik illegal fishing yang diduga selama ini merugikan negara ratusan triliun.

"‎Kalau kita mau duduk pasti punya posisi tawar, kita harus sama seperti bangsa lain, seperti treshability,sustainability dan bisnis yang baik. Kalau cuci ikan ya repot kita," tambahnya.
Susi mengatakan, berbagai aturan yang dikeluarkan seperti moratorium, pelarangan transhipment hingga pelarangan penggunaan alat tangkap tak ramah lingkungan tidak akan merugikan Indonesia. Aturan ini dibuat agar pelaku usaha perikanan Indonesia tertib.

"‎Saya tidak pernah punya pemikiran saat membuat policy seperti berdampak pada turun bisnis perikanan di Indonesia. Tetapi harus menata kembali dan menjadikan sumber daya laut kita sustain, jangan sampai tangkapan ikan kita makin ke sana makin turun," tuturnya.

Susi juga meminta komitmen pelaku usaha, agar tidak lagi melakukan praktik illegal fishing dan permainan bisnis cuci ikan. Bila tidak, Susi akan mengancam mem-blacklist izin pelaku usaha terkait.

"‎Siap di blacklist kalau melakukan cuci ikan ya. Pengusaha ini iya-iya saja, tetapi di belakang tidak," cetus Susi. ‎


(wij/rrd) 
Labels: 'Punya Banyak Ikan', 'Tapi RI Selalu Terbelakang di Bisnis Perikanan', Menteri Susi

Thanks for reading 'Punya Banyak Ikan, Tapi RI Selalu Terbelakang di Bisnis Perikanan'. Please share...!

0 Komentar untuk "'Punya Banyak Ikan, Tapi RI Selalu Terbelakang di Bisnis Perikanan'"

Back To Top