-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Era Jokowi, Indonesia-China Makin Mesra

Maikel Jefriando - detikfinance
Era Jokowi, Indonesia-China Makin Mesra Foto: Jokowi dan Xi Jinping
 
Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal pemerintahannya di akhir tahun lalu, langsung menjalin kedekatan dengan berbagai negara. Ini terlihat pada pertemuan bilateral di beberapa agenda Internasional dan kunjungan langsung kenegaraan.

Dari banyak negara tersebut, kedekatan yang cukup terlihat adalah dengan pemerintahan China, di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping.

Dari informasi yang dirangkum detikFinance, Senin (13/7/2015), kemesraan ini terbaca ketika kehadiran Jokowi dalam agenda APEC di Beijing. Jokowi mendapatkan panggung untuk memperkenalkan Indonesia dari segala sisi.

Tidak terbayangkan juga sebelumnya, Jokowi berhasil mendapatkan kehormatan untuk duduk bersebelahan dengan Xi Jinping dalam agenda makan malam kenegaraan. Lalu dilanjutkan dengan pertemuan bilateral.
Pada akhir Maret 2015, Jokowi kembali berkunjung ke China untuk menemui Xi. Agenda yang diusung oleh Jokowi kala itu adalah menagih janji investasi yang sebelumnya disampaikan saat APEC. Maka muncullah rencana investasi China di Indonesia yang bernilai US$ 63,4 miliar.

Sebulan kemudian, Xi juga datang ke Indonesia untuk bertemu dengan Jokowi. Ini sekaligus dalam rangka menghadiri pegelaran Konferensi Asia Afrika (KAA) di Indonesia. Termasuk mengikuti ritual berjalan kaki di depan Gedung Merdeka, Bandung.
Kemesraan ini makin terasa jelas, ketika para menteri langsung menindaklanjuti pertemuan antar pimpinan negara di kemudian hari. Ada Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri BUMN Rini Soemarno yang menandatangani berbagai kesepakatan.

Tidak hanya dari sisi pemerintah, beberapa perusahaan asal China dari berbagai industri juga sempat berkunjung ke Indonesia dan menemui Jokowi. Baik dari perusahaan otomotif, energi, dan yang lainnya.(mkl/dnl)
Labels: Era Jokowi, Indonesia-China Makin Mesra

Thanks for reading Era Jokowi, Indonesia-China Makin Mesra. Please share...!

0 Komentar untuk "Era Jokowi, Indonesia-China Makin Mesra"

Back To Top