-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Menlu Upayakan Pemulangan 11 WNI yang Ditangkap Polisi Arab Saudi

Mega Putra Ratya - detikNews Menlu Upayakan Pemulangan 11 WNI yang Ditangkap Polisi Arab SaudiFoto: Adhi Wicaksono

 Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pihaknya masih berkomunikasi dengan otoritas Arab Saudi terkait ditangkapnya 11 orang WNI. Menlu berharap 11 WNI yang ditangkap karena salat Id pada 18 Juli di Masjidil Haram, bisa dipulangkan ke Indonesia.

"Kita langsung bertemu dengan otoritas Saudi dan bertemu WNI kita, walaupun terbatas kita terus menggali apa yang terjadi. Kita berupaya terus komunikasi agar 11 orang bisa dipulangkan," kata Menlu Retno, Jumat (31/7/2015).

Retno belum mendapat informasi soal ancaman pidana terhadap kesebelas WNI tersebut. Belum diketahui juga latar belakang mereka yang memutuskan salat Id pada tanggal berbeda.

"Yang kita sampaikan ini masalah salat yang harinya berbeda. Kalau dalam komunikasi lanjutan kita mereka dapat menerima itu insyallah WNI bisa dipulangkan. Kita berusaha menjelaskan mengenai apa yang mereka lakukan setelah kita dapat informasi dari para WNI," sambung Retno.

Kesebelas WNI diamankan pada 18 Juli saat mereka membentuk lingkaran dan menggelar khotbah. Sejumlah jamaah yang tawaf melaporkan ulah WNI itu ke pihak keamanan dan melakukan penangkapan setelah sebelumnya diusir tidak mau.
Pimpinan rombongan, saudara Zubair Amir Abdullah(47), dibawa ke RS jiwa untuk melakukan pemeriksaan kejiwaan. Kelompok ini meyakini bahwa Idul Fitri jatuh pada Sabtu, 18 Juli, sementara Pemerintah Saudi menetapkan Idul Fitri jatuh pada 17 Juli.

(ega/fdn)
Labels: Menlu, Upayakan Pemulangan 11 WNI, Yang Ditangkap Polisi Arab Saudi

Thanks for reading Menlu Upayakan Pemulangan 11 WNI yang Ditangkap Polisi Arab Saudi. Please share...!

0 Komentar untuk "Menlu Upayakan Pemulangan 11 WNI yang Ditangkap Polisi Arab Saudi"

Back To Top