-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Jokowi: Ada Dua Titik Perbatasan Darat RI-Timor Leste yang Belum Selesai

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Ada Dua Titik Perbatasan Darat RI-Timor Leste yang Belum Selesai Foto: Foto: Bagus Prihantoro
 

Jokowi mengatakan dua titik perbatasan itu akan segera diselesaikan. Kedua negara sepakat untuk diselesaikan akhir tahun ini.

"Tadi dibicarakan dua hal penting yang akan kita segera selesaikan. Pertama, masalah perbatasan baik darat atau pun maritim. Perbatasan darat ada dua titik yang belum selesai, dan tadi sudah disepakati untuk bisa diselesaikan pada akhir tahun ini dua titik tadi," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2015).

Untuk perbatasan maritim, Jokowi mengatakan akan segera dimulai dari laut bagian utara terlebih dahulu. Selanjutnya akan dimulai di laut bagian selatan.
"Saya kira ini akan cepat bisa diselesaikan," kata Jokowi.
Dalam kesempatan itu, PM Rui Maria menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan masalah perbatasan kedua negara. Hadir juga mantan Presiden dan juga mantan PM Timor Leste Xanana Gusmao.

"Di pemerintahan yang saya pimpin ini juga akan selesaikan masalah perbatasan darat dan laut," katanya.
Diketahui, kedua titik perbatasan darat yang belum terselesaikan itu yakni berada di Noel Besi-Citrana dan Bijael Sunan-Oben.
Perbatasan Noel Besi-Citrana merupakan wilayah yang berada di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Ambeno yang merupakan bagian dari Wilayah Timor Timur.
Daerah ini dialiri Sungai Noel Besi yang bermuara di selat Ombai dimana sejak jaman Portugis aliran sungai mengalir di sebelah kiri daerah sengketa. Oleh karena adanya perubahan iklim sepanjang tahun/perubahan alam, menyebabkan aliran sungai bergeser kearah kanan daerah sengketa yang merupakan lahan pertanian subur dan lahan tersebut merupakan warisan turun temurun dengan batas sungai Noel Besi yang sekarang ada.

Sedangkan Bijael Sunan-Obel merupakan wilayah perbatasan Kabupaten Timor Tengah Utara yang menjadi bagian dari Indonesia dengan distrik Oecusse yang merupakan bagian Timor Leste. Luas wilayah ini 142,7 hektar namun tidak berpenduduk.



(jor/aan)

 
Labels: Ada Dua Titik Perbatasan Darat RI-Timor Leste, Jokowi, Yang Belum Selesai

Thanks for reading Jokowi: Ada Dua Titik Perbatasan Darat RI-Timor Leste yang Belum Selesai. Please share...!

0 Komentar untuk "Jokowi: Ada Dua Titik Perbatasan Darat RI-Timor Leste yang Belum Selesai"

Back To Top