-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Hore! Anak Buruh Migran Indonesia di Sabah dapat Tambahan Pusat Belajar

Hardani Triyoga - detikNews

 Hore! Anak Buruh Migran Indonesia di Sabah dapat Tambahan Pusat Belajar
Jakarta, - Anak-anak buruh migran asal Indonesia yang berdomisili di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia sekarang terbantu dengan tersedianya fasilitas pendidikan pusat kegiatan belajar masyarakat atau Community Learning Center (CLC) tingkat SD. Fasilitas ini dibuat berdasarkan kontribusi bantuan dari perusahaan sawit di Sabah.

Dalam peresmian CLC ini hadir Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Akhmad Irfan serta perwakilan beberapa perusahaan sawit. Akhmad menyampaikan terimakasih atas kepedulian perusahaan sawit terhadap pendidikan anak-anak karyawannya.

"Terimakasih atas bantuannya yang bisa menyediakan sarana pendidikan untuk kemudahan anak-anak belajar di Sabah," kata Akhmad dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/2/2015).

Terdapat beberapa CLC tambahan yang diresmikan yaitu CLC Sri Likas, Ar-Rasyid, Kretam Plantation, Sukau, dan Kinabatangan. Saat peresmian, para siswa unjuk kreatifitas dengan menampilkan berbagai tarian khas Indonesia dari beberapa daerah. Para siswa pun juga melantunkan lagu-lagu nasional serta membacakan puisi.

Perluasan akses layanan pendidikan untuk anak-anak buruh migran Indonesia di Sabah terus dilakukan. Hal ini dilakukan agar anak-anak ini memperoleh jenjang pendidikan yang sesuai.

Setelah diresmikan, sekarang CLC Sri Likas Mewah mempunyai 25 siswa tingkat SD (kelas 1-6) dengan satu tenaga pengajar yakni guru Indonesia Tahap V. Sementara, CLC Ar-Rasyid menaungi 118 siswa dengan empat tenaga pengajar yang terdiri dari 1 orang guru Indonesia tahap V dan 3 orang guru lokal. Peserta ujian dari CLC Ar-rasyid tahun 2015 terdiri dari peserta Paket A sebanyak 49 siswa, paket B sebanyak 6 siswa dan Paket C sebanyak 1 siswa.

Sebagian besar karyawan sekaligus orangtua menginginkan anak-anaknya bisa melanjutkan pendidikan selanjutnya. Diharapkan anak-anaknya bisa dipermudah dalam memiliki surat keterangan lahir dan akta nikah yang sah agar ke depan bisa lebih baik dari orangtuanya.


Dok. KJRI Kinabalu

(hat/bar)
Labels: Buruh Migran, Malaysia, RI

Thanks for reading Hore! Anak Buruh Migran Indonesia di Sabah dapat Tambahan Pusat Belajar . Please share...!

0 Komentar untuk "Hore! Anak Buruh Migran Indonesia di Sabah dapat Tambahan Pusat Belajar "

Back To Top