-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Aksi Joah WN Kanada Bantu Penduduk 'Kota Pelajar' Nepal Turunkan Bantuan RI

Prins David Saut - detikNews

Aksi Joah WN Kanada Bantu Penduduk Kota Pelajar Nepal Turunkan Bantuan RI
Jakarta - Joah (27) tiba-tiba muncul dari balik mobil truk box biru yang membawa 200 paket bantuan logistik dari Indonesia di 'kota pelajar' Nepal, Kirtipur. Tanpa komando atau rayuan, Joah melangkah maju membantu estafet warga setempat menurunkan paket satu demi satu.

Hal ini terjadi di kota tua Kirtipur, Nepal, Kamis (7/6/2015) pada pukul 15.00 waktu setempat. Pemuda asal Kanada itu sebenarnya sedang berlibur di Nepal sejak sepekan lalu.

"Saya ingin naik ke Everest, tapi tiba-tiba sehari setelah saya sampai terjadi gempa. Waktu itu saya masih di Kathmandu," kata Joah di lokasi.

Sambil meneruskan estafet menurunkan bantuan logistik dari Tim Indonesia Peduli Nepal, Joah menyatakan membantu menurunkan bantuan berupa paket makanan siap saji dan selimut itu secara sukarela.
"Saya menginap di sekitar sini, lalu saya melihat ini. Saya tidak mau hanya jadi sekedar turis setelah gempa itu, jadi saya merasa ini kesempatan saya membantu warga Nepal di sini," ujar Joah.

"Saya tidak bisa menyumbang uang, tapi saya bisa membantu menurunkan bantuan dari Indonesia ini. Ini langkah yang baik," tambahnya.

Joah menambahkan, dirinya mengunjungi Bali dan mendaki Rinjani sebelum tiba di Nepal. "Saya tiga bulan di Indonesia sebelum ke sini. Negeri yang indah. Nepal juga hanya sedang berduka setelah gempa," ucap Joah.

 Gempa 7,9 SR yang terjadi pada 25 April lalu di Nepal memberikan dampak cukup parah ke penduduk setempat. Selain 50 rumah yang hancur dan menyebabkan 500 orang mengungsi, wilayah yang dikenal sebagai area pelajar itu kehilangan pemasukannya.

"Ini area pelajar karena banyak universitas dan sekolah tinggi di sini, seperti Tribhuvan University. Pendapatan 4.000 orang penduduk di sini dari penyewaan indekos," kata Koordinator Lokal, Raju Powdell terpisah.

Menurut Raju, pasca gempa terjadi, hampir seluruh universitas di area itu ditutup sementara. Sehingga para pelajar meninggalkan Kiripur dan kembali ke rumah orangtua mereka masing-masing.

"Jadi tak ada pemasukan untuk warga sini karena gempa terjadi menjelang pergantian bulan. Para pelajar biasanya membayar indekos pada minggu pertama setiap bulan," ucap Raju.

(vid/mad)
Labels: Aksi Joah, Nepal, RI, WN Kanada

Thanks for reading Aksi Joah WN Kanada Bantu Penduduk 'Kota Pelajar' Nepal Turunkan Bantuan RI . Please share...!

0 Komentar untuk "Aksi Joah WN Kanada Bantu Penduduk 'Kota Pelajar' Nepal Turunkan Bantuan RI "

Back To Top