-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

'Head to Head' Ahok vs Ridwan Kamil vs Risma, Siapa Menang?

Danu Damarjati - detikNews

Halaman 1 dari 2
Head to Head Ahok vs Ridwan Kamil vs Risma, Siapa Menang?
Jakarta - Selain bakal calon incumbent Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok), kini Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini‎ juga disorot sebagai bakal calon potensial untuk menduduki kursi Gubernur DKI. Elektabilitas tiga tokoh pemimpin daerah ini dibandingkan secara 'head to head'.

Perbandingan elektabilitas tokoh-tokoh itu dilakukan oleh Cyrus Network lewat survei yang dipaparkan di Resto ‎D’Consulate, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis (7/5/2015).

‎Survei diselenggarakan pada 24 hingga 30 April 2015. Responden adalah penduduk yang punya hak suara, minimal 17 tahun atau sudah menikah, sebanyak 1.000 orang. Mereka diwawancarai lewat tatap muka. Tingkat kepercayaan (significant level) survei ini adalah 95 persen dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,1 persen. ‎

"Tampak, tokoh yang paling banyak dikenal publik DKI adalah Ahok, Risma, dan Ridwan Kamil. Sementara tokoh-tokoh Jakarta lainnya sebagian besar hanya memiliki popularitas di bawah 50 persen," kata CEO Cyrus Network Hasan Nasbi.

Bukan hanya tingkat keterkenalan (popularitas), elektabilitas ketiga orang itu juga merajai survei Cyrus itu. Saat surveyor menanyai responden dengan pertanyaan, "Jika Pilgub DKI dilakukan hari ini, dan pesertanya adalah 21 nama di bawah ini, menurut Anda siapa yang paling pantas dipilih sebagai Gubernur?" Pertanyaan itu dikemukakan sambil menunjukkan nama dan foto dari bakal-bakal calon yang ada.‎

Hasilnya, Ahok mendapat tingkat‎ elektabilitas 33,9 persen, Risma 11,4 persen, dan Ridwan Kamil 10,4 persen. Di bawahnya ada Nachrowi Ramli dan Abraham Lunggana dengan persentase masing masing 5,8 dan 4,6 persen. Menyusul kemudian berturut-turut Biem Benyamin 3,9, Susi Pudjiastuti 3,5, Boy Bernardi Sadikin 2,3, Fahira Idris 2,1, dan Faisal Basri 2 persen.

Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat‎ hanya berada di peringkat ke-11 dengan 1,9 persen, disusul Fadjar Pandjaitan, Sandiaga Uno, dan Abdullah Azwar Anas masing-masing mendapat 1,3 persen, 1,1 persen, dan 1 persen. Ada pula nama-nama di bawahnya seperti Djan Faridz, Triwisaksana, Muhammad Taufik, Muhammad Sanusi, Saefullah, dan terakhir Sylviana Murni. Yang masih ragu-ragu dan tak tahu sebanyak 9,2 persen dan yang tak menjawab sebanyak 2,8 persen.
Sekarang saatnya membandingkan secara head to head elektabilitas antara tiga nama teratas, yakni Ahok, Ridwan, dan Risma. ‎Responden diberi simulasi dua nama dengan kartu bantu berisi nama dan foto.
 Pertanyaannya adalah, "Jika Pilgub DKI digelar sekarang dengan pesertanya adalah nama di bawah ini saja, siapa yang anda pilih sebagai Gubernur?"‎

Ini adalah hasil elektabilitas antara Ahok vs Ridwan Kamil:
1. Ahok: 42,5 persen
2. Ridwan Kamil: 38,6 persen
3. Belim memutuskan/ masih ragu/ tidak tahu: 13,8 persen
4. Tidak menjawab: 5,1 persen‎

Ini adalah hasil elektabilitas antara Ahok vs Risma:
1. Ahok: 42,8 persen
2. Risma: 37,2 persen
3. Belum memutuskan/ masih ragu/ tidak tahu: 14,3 persen
4. Tidak menjawab: 5,7 persen

Ini adalah hasil elektabilitas antara Ridwan Kamil vs Risma:‎
1. Ridwan Kamil: 40,2 persen
2. Risma: 36,8 persen
3. Belum memutuskan/ masih ragu/ tidak tahu: 17,1 persen
4. Tidak menjawab: 5,9 persen

Ini adalah hasil elektabilitas antara Ahok vs Djarot Saiful Hidayat‎:
1. Ahok: 48,2 persen
2. Djarot Saiful Hi‎dayat: 24,4 persen
3. Belum memutuskan/ masih ragu/ tidak tahu: 18,9 persen
4. Tidak menjawab: 8,5 persen‎

(dnu/trq)
Labels: Ahok, Ridwan Kamil, Risma, Siapa Menang?

Thanks for reading 'Head to Head' Ahok vs Ridwan Kamil vs Risma, Siapa Menang?. Please share...!

0 Komentar untuk "'Head to Head' Ahok vs Ridwan Kamil vs Risma, Siapa Menang?"

Back To Top